Memahami Depth Of Field (Understanding Depth Of Field)

Depth Of Field adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan ruang tertentu yang terlihat relatif tajam dibandingkan bagian lainnya. Depth Of Field (selanjutnya disingkat DOF) berbeda-beda tergantung pada jenis kamera, aperture dan jarak fokus, serta jarak pandang dapat mempengaruhi persepsi kita akan DOF.

1

tut_DOF_textblur1

DOF dipengaruhi oleh tiga faktor antara lain: focal length, diameter aperture atau diafragma (f-number), dan Format Size atau lingkaran gamang (Circle of Confusion)

Focal Length

Berfungsi untuk menyamakan jarak gambar pada subjek yang jauh, untuk dapat fokus pada sesuatu yang yang jaraknya tak terhingga agar terlihat dekat. Focal Length membuat subjek yang berjarak jauh terlihat lebih dekat atau lebih besar. Berikut ini adalah formula yang digunakan:
formula
tree
424px-Full-frame_vs_APS-Cw
641px-Focals-from135-to28

Aperture

Fungsi utama lensa camera adalah mengumpulkan cahaya. Aperture pada lensa adalah diameter bukaan lensa dan biasanya di kendalikan oleh sebuah iris. Semakin besar bukaan sebuah lensa, semakin banyak cahaya yang akan diterima oleh sensor kamera. Aperture dinyatakan dengan f/#, misalnya f/2.8 atau F2.8. Semakin kecil angka aperture, semakin besar bukaan lensa.
bukaan_diafragma

Bukaan yang besar memungkin masuknya cahaya yang lebih banyak dan juga memungkinkan kita untuk menggunakan shutter speed yang tinggi (cepat). Shutter speed yang lebih cepat membuat gerakan menjadi freeze dan juga meniadakan getaran pada kamera sehingga gambar tidak menjadi blur. Selain itu juga dapat menghasilkan efek blur yang bagus pada background.

Sedangkan penggunaan bukaan yang kecil memungkinkan untuk menggunakan shutter yang lambat pada kondisi yang mempunyai cahaya terang.
asdfsaf

Circle Of Confusion

Circle of Confusion (CoC) atau Lingkaran Gamang digunakan untuk menentukan bagian gambar yang diinginkan untuk terlihat tajam. CoC bergantung pada 3 faktor: ketajaman visual, kondisi pandangan dan perbesaran gambar asli ke gambar final untuk dicetak.
tut_DOF_lensdiagram

Sumber:
Digital Phothography Tutorials
Wikipedia
http://www.photoxels.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s